Jul 2, 2011

Ibu kita Kartini

Di Jepara terdapat banyak wisata  pantai karena  daerah Jepara terletak di wilayah utara pulau Jawa atau sering disebut Pantura. Kota ini masuk propinsi Jawa tengah,yang berbatasan dengan kota Demak,Tayu,dan Kudus. Jepara termasuk kota yang menyimpan banyak sejarah yang tidak akan dilupakan oleh bangsa Indonesia karena mempunyai tokoh nasional yang sangat terkenal,yakni ibu kita Kartini. Pahlawan tersebut sangat berjasa bagi bangsa kita dan masyarakat Jepara sehingga ada beberapa nama tempat ataupun jalan terkandung namanya. Contoh halnya yang paling nyata adalah Pantai Kartini dan Stadium Gelora Bumi Kartini juga semboyan kota Jepara yakni JEPARA  BUMI KARTINI.

1.      Pantai Kartini
          Pantai ini adalah salah satu wisata kebanggaan kota Jepara dari banyak pantai di Jepara. Tempat ini sering dipakai untuk penyeberangan ke daerah Karimunjawa,antara lain untuk liburan maupun berdagang. Objek wisata yang ada di dalam Pantai Kartini juga bermacam-macam antara lain adalah Penyu Raksasa yang ada dekat pantai. Penyu tersebut menjadi Penyu terbesar di Indonesia karena hanya ada di Jepara. Pantai ini terletak dekat daerah kota di Jepara,yani kira-kira 1,5 – 2 km. Tempat wisata ini sangat berguna bagi banyak orang,selain bias untuk berlibur juga membantu mengurangi pengangguran dalam kota dan para nelayan juga bias menjual ikannya di daerah pantai. Untuk masuk kedalam wisata ini diwajibkan membayar Rp.7000,- per kepala.

2.      Stadium Gelora Bumi Kartini
            Stadium ini terletak di daerah ujung batu,Jepara. Tempat ini tidak jauh dari pusat kota dan juga tentunya pantai Kartini. Stadium ini juga memakai nama Kartini karena masyarakat Jepara ingin selalu mengenang perjuangan ibu Kita Kartini dan ingin bisa menjadi penyemangat dalam setiap pertandingan di Jepara. Dalam hal sepak bola Jepara termasuk tim yang terbaik di Jawa Tengah karena satu-satunya tim yang mampu masuk kompetisi tertinggi tanah air.  Di Jepara ada 2 stadium yakni yang pertama adalah Stadium Kamal Junaedi dan yang kedua Gelora Bumi Kartini. Pemberian nama ini cukup beralasan karena selain nama pahlawan wanita yang terkenal di Indonesia juga diharapkan prestasi kota Jepara setenar namanya yang benari melawan penjajah.

3.      Semboyan Jepara Bumi Katini
                        Pemberian nama semboyan ini untuk mempermudah masyarakat Indonesia bahwa kota kelahiran Ibu Kita Kartini adalah Jepara. Hal ini bertujuan untuk mengenal identitas kota Jepara. Perlu diingat bahwa perjuangan Ibu Kita Kartini sangatlah besar kepada Indonesia, karena beliaulah para putrid Indonesia dapat memperoleh PENDIDIKAN yang selayaknya atau sederajat dengan kaum pria. Tiap tanggal 21 april selalu diperingati sebagai tanggal lahirnya ibu Kita Kartini. Di Jepara selalu menjadi tradisi dalam memperingati tanggal tersebut dengan upacara dan pelajar putri diwajibkan memakai kebaya untuk menghargai perjuangan beliau. Sungguh ironi jika para putri Indonesia tidak pernah tahu Nama Ibu kita Kartini karena itu sama saja dengan tidak menghargai perjuangan pahlawan wanita dari Jepara. 

2 comment:

fikry arpendos creativity said...

nice blog...
follow sukses....

yayan said...

@fikry
mantap gan..

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment